Rabu, 23 September 2009

Inilah Noor Din yang Makin Tembem


Pandai benar Noor Din M Top mengelabui polisi. Buronan teroris Warga Negara Malaysia ini layaknya bunglon, mampu mengubah rupa wajahnya sebagai sosok pria dengan berewok tebal dan panjang. Sangat berbeda dengan 10 rekayasa gambar yang disebar Polri.


Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Nanan Soekarna mengatakan sejak diburu sembilan tahun pasca Bom Bali I, bagaimana rupa asli Noor Din sama sekali belum diketahui polisi. "Sampai kemarin ditangkap Kita tidak pernah tahu wajahnya seperti apa," kata Nanan dalam konferensi pers di Mabes Polri, Sabtu (19/9). Sebanyak 10 macam rekayasa gambar mirip Noor Din, kata Nanan, dibuat berdasarkan keterangan saksi dan dokumen-dokumen yang ditemukan polisi.

Nyatanya, dari 10 macam rekayasa gambar itu, diakui Nanan, tidak ada yang sama persis dengan rupa Noor Din saat ditewaskan di Solo pada Rabu (17/9) lalu. Saat tewas, pipi Noor Din terlihat tembem. Rambutnya bukan lurus pendek sebagaimana terpampang dalam selebaran DPO selama ini, tapi agak ikal. Yang agak mencolok adalah kedua cambang dan jenggotnya yang ditumbuhi berewok tebal dan panjang. Sekilas, penampakan Noor Din bukan mirip ras Melayu, melaikan dari ras Semit. Orang tidak akan mengenali rupa Noor Din ini bila hanya mengandalkan gambar di selebaran DPO. "Entah dia mau meniru rupa siapa," kata Nanan.

Sulitnya mengenali wajah Noor Din ini juga diakui Kepala Pusat Kedokteran Mabes Polri Brigjen Eddy Saparwoko. Meski demikian, kata Eddy, polisi mempunyai metode dan teknis khusus untuk mengenali wajah Noor Din. "Walaupun wajahnya diubah-ubah, dari titik-titik wajahnya kita menemukan kecocokan," kata Eddy. Titik-titik wajah itu antara lain garis rambut, titik alis, bibir, mulut , hidung, serta lainnya.

Walhasil, kecocokan titik-titik wajah ini semakin menyempurnakan hasil sidik dari dan tes DNA. Dari kedua tes terakhir itulah polisi memastikan, pelaku penebar maut ini tamat riwayatnya.

Sumber: tempointeraktif.com

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites