Selasa, 01 September 2009

Ini Domba Termahal Dunia: Rp 3,7 Miliar


Di Indonesia, Anda bisa membeli seekor domba bagus dengan harga Rp 3 juta seekor. Di Skotlandia, seekor domba berhasil dijual dengan harga 231 ribu pound sterling (Rp 3,7 miliar) dalam sebuah lelang ternak di Skotlandia.


Domba, yang menurut pembelinya dikagumi karena badannya sangat bagus dan dagingnya pasti sempurna, tidak akan dipotong tapi untuk pembibitan.

Domba jantan jenis Texel itu, diberi nama Deveronvale Perfection, menurut para ahli domba, bakal memberi keuntungan jangka panjang bagi si pemilik. "Para peternak sudah puluhan tahun mencari domba yang keturunannya bisa seperti ini," kata Direktur Utama Masyarakat Domba Texel Inggris, John Yates.

Yang paling senang dengan harga ini, tentu saja, pemilik lamanya, Graham Morrison. Di Indonesia, uang Rp 3,7 miliar bisa dibelikan 1000 domba dengan kualitas lumayan. Sehingga ketika Graham Morrison, pemilik lama,

Pembelinya adalah Jimmy Douglas, peternak dari Cairness, Skotlandia. Ia mengatakan bahwa Perfection itu domba terbaik yang pernah ia lihat. Ia tampak sangat montok, kuat, dan bentuknya bagus.

Domba Texel ini aslinya dari pulau Texel di provinsi Frisian, Belanda. Mereka didatangkan ke Inggris pada 1970-an karena bentuknya sangat bagus dan tahan cuaca dingin Skotlandia. Sejak itu, para peternak Inggris mengandalkan domba jenis ini untuk diambil dagingnya.

Domba Texel gampang dikenal karena memiliki tampang putih, pendek, hidung hitam, dan telinga lebar. Mereka juga tidak memiliki wool pada kepala dan pahanya, meski wool dari bagian tubuh yang lain memiliki kualitas cukupan.

Sumber: tempointeraktif.com

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites