Selasa, 28 Juli 2009

[Benarkah?] Bomber Marriott Orang Asing

Polisi telah menyebar dua sketsa wajah dua orang yang diduga pelaku bom bunuh diri di Hotel JW Marriott dan Hotel Ritz Carlton. Pelaku bom bunuh diri di Marriott digambarkan sebagai pria berusia 16-17 tahun, berkulit putih, rambut lurus hitam pendek, tinggi badan 180 centimeter, dan ukuran sepatu 42-43.


Jarang-jarang remaja Indonesia berusia 16-17 tahun yang memiliki ukuran badan tinggi dan besar seperti itu. Ukuran sepatu juga terlampau besar untuk remaja Indonesia. Karena itu berkembang spekulasi bahwa si pelaku bom bunuh diri itu adalah orang asing.

Benarkah? Belum jelas juga. Ketika ditanya soal ini, Kepala Bidang Penerangan Umum Markas Besar Kepolisian, Komisaris Besar Ketut Untung Yoga Ana memilih tidak menjawab.

Dia cuma menjawab bahwa sketsa yang sudah disebarkan itu sudah sesuai dengan fakta yang ditemukan polisi di lapangan."Terkait dua sketsa [itu] berdasarkan temuan di lapangan, seperti itu," kata Untung Yoga Ana di Markas Besar Kepolisian, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Senin 27 Juli 2009.

Ditambahkan dia, sketsa tersebut didasarkan potongan badan yang masih utuh. "Fisik yang sebenarnya hanya itu yang diketahui, sedangkan bagian tubuh yang lain tercerai berai. Berdasarkan dapat post mortem [data setelah kematian], sosoknya memang seperti itu, memang sedemikian rupa," kata Untung Yoga Ana.

Sampai hari ini siapa identitas pelaku pengeboman masih misterius. Sebelumnya, nama Nur Said alias Nur Hasbi pernah disebut-sebut sebagai pelaku peledakan bom bunuh diri di Hotel Marriott.

Nur Said merupakan siswa Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki,lulusan 1994 yang satu angkatan dengan Asmar Latin Sani, bomber Marriott pada 2003. Namun, belakangan polisi mengumumkan potongan tubuh yang ditemukan di lokasi ledakan bukan Nur Said.

Sementara pelaku di Ritz Carlton adalah laki-laki, umur kira-kira 40 tahun, kulit sawo matang, rambut lurus, pendek, dan hitam, serta tinggi 165 centimeter. Polisi memastikan itu bukan Ibrohim, perangkai bunga yang bekerja di Ritz Carlton.(VIVAnews.com)


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites