Sabtu, 08 Agustus 2009

Mayat Noor Din M Top Terkulai


Serangkaian penyergapan oleh Tim Detasemen Khusus 88 di Temanngung, Jawa Tengah, telah berakhir dengan tewasnya Noor Din M Top. Gembong teroris yang ngumpet di rumah mantan guru agama Muh Juhri di Dusun Beji, Kedu, Temanggung, itu dipastikan tewas dalam operasi teroris sejak Jumat sore hingga Sabtu (8/8) sekitar pukul 10.00 WIB.


Pengepungan tempat persembunyian Noor Din berlangsung mencekam. Sempat terjadi tembak-menembak antara kelompok teroris dengan tim detasemen. Di rumah Muh Juhri, Noor Din tak lagi bisa keluar dari kepungan. Saat diberondong tembakan dan ledakan bertubi-tubi, Noor Din bertahan di dalam rumah.

"Yang tewas itu dipastikan Noor Din berdasarkan keterangan saksi yang lebih dulu ditangkap," ujar sumber dari Kepolisian kepada Tempo, Sabtu (8/8). Menurut sumber itu, posisi Noor Din ketika dipastikan tewas berada di sekitar kamar mandi dan dikeluarkan dari pintu belakang.

Namun, sumber dari Kepolisian tersebut mengatakan kepastian Noor Din M. Top telah tewas harus dilakukan dengan tes DNA. Tes darah ini akan dicocokkan dengan sejumlah keluarga seperti istrinya Arina Rahma dan dua anaknya. Arina disebut-sebut istri Noor Din yang dinikahi pada 2005.

Tampak rasa lega anggota tim detasemen begitu melihat sasaran terkulai. Mereka hampir tidak tidur sehari semalam. Senjata laras panjang yang biasa disorongkan ke depan, sekarang disanggulkan ke pundak. Di antara mereka ada yang meluapkan rasa puasnya dengan 'salam tos'.

petaTim detasemen masuk ke rumah Muh Juhri dengan membawa tiga kantong mayat. Dua kantong berisi jenazah dan satu kantong kosong. Belum diketahui, mayat siapa selain Noor Din M Top. Tiga ambulnas juga merapat ke lokasi sergapan. Salah satunya ambulans dari dari Kepolisian Wilayah Kedu.

Hasil keseluruhan operasi Detasemen Khusus 88, menangkap lima orang. Dua ditangkap di bengkel sepeda Pasar Kedu, seorang Muh Juhri dan dua orang tertembak di ladang jagung ketika hendak kabur. Keduanya belum diketahui identitasnya. Mereka merupakan kaki tangan buron polisi asal Malaysia, Noor Din M. Top.

Sumber: tempointeraktif.com

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites